Bagi Orang Eropa pun iPhone Kemahalan

 

main_mid

Apple iPhone boleh dibilang merupakan smartphone terpopuler di dunia saat ini, terlihat dari penjualannya yang sangat dominan meskipun hanya satu perangkat dirilis tiap tahunnya. Namun khususnya di negara berkembang iPhone dianggap terlalu mahal, misalnya di negeri ini, iPhone 5 versi paling bawah (16GB) dibanderol Rp. 7.799.000, padahal salah satu smartphone Android termahal saat ini saja masih di bawah harga tersebut (Sony Xperia Z, Rp. 7399.000, Asus Padfone 2 tidak dihitung sebab merupakan gabungan smartphone dan tablet).

Ternyata tidak hanya dianggap mahal di negara berkembang, di Eropa pun demikian. Setidaknya CEO France Telecom, salah satu operator seluler terbesar di Benua Biru, menganggap demikian. Stephane Richard menyatakan pada Bloomberg mengenai alasan penjualan iPhone merosot karena harganya terlalu tinggi. Para pelanggan di Eropa mulai berfokus pada harga dan tetap setia pada perangkat lama mereka, lebih lama dari sebelumnya.

Richard mencatat bahwa Apple keras kepala sehingga menjadi lebih sulit untuk menjual sebuah ponsel seharga USD 600. Richard tampaknya menunjukkan bahwa tanpa iPhone yang murah, perusahaan asal AS itu bisa terus kehilangan pangsa pasar, menambahkan bahwa pengadopsi awal (early adopter) dari iPhone 5 lebih sedikit dari iPhone sebelumnya, dan mungkin dengan peluncuran penerusnya nanti hal ini akan menjadi lebih jelas.

SOURCE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s